Selamat Datang di Indahnya Berbagi…

5 Juni 2012


PENCANANGAN BATIK SEBAGAI BUSANA NASIONAL  

Batik saat ini telah menjadi busana yang digemari banyak kalangan mulai dari anak-anak sampai dewasa, mulai dari kelas bawah sampai kelas atas. Mereka dengan bangga mengenakan busana batik tidak hanya sebagai busana ke pesta undangan namun juga sebagai busana kerja dan busana sehari-hari.
Tapi tahukah anda kapan batik dicanangkan sebagai busana Nasional ?

Pada tahun 1968 batik bersama kebaya dicanangkan sebagai pakaian nasional oleh Gubernur DKI Jakarta pada waktu itu, Ali Sadikin, yang kemudian Bang Ali juga menetapkan batik sebagai busana wajib bagi jajaran pegawai kantor kota praja. Maka pada 1970-an, batik telah menjadi busana kebanggaan Kota Jakarta.
Seruan Bang Ali itu disambut hangat banyak kalangan yang kemudian menstimulasi Presiden Soeharto untuk ikut menetapkan batik sebagai busana kebanggaan nasional.
Untuk itu, para pemimpin negara anggota OPEC, dari Bill Clinton sampai Goh Chok Tong, ketika datang ke Indonesia juga ‘diharuskan’ mengenakan hem batik rancangan Iwan Tirta.
Pada Oktober 2006, Adidas meluncurkan produk-produk yang menggunakan batik dalam serial “Materials of the World-Indonesia”. “Materials of the World” adalah serial proyek Adidas yang menggunakan materi khas dari berbagai belahan dunia.

Puncaknya Pada Tahun 2010, batik ditetapkan sebagai warisan Budaya dunia oleh Perserikatan Bangsa-bangsa walau sebelumnya terdengar kabar bahwa Malaysia telah mematenkannya.
Dengan mudah kita mendapatkan produk-produk busana batik dan produk lainnya di pasaran dan jadilah dengan bangga kita mengenakan Busana Batik kesayangan. (Klik disini untuk mendapatkan Produk Busana Batik : www.pojokusaha.com)    


Tidak ada komentar:

Posting Komentar